WELCOME

welcome to the classic and jadul area

Jumat, 27 Agustus 2010

Jhon Walker penemu Korek Api pd Th. 1827


Korek api adalah sebuah alat untuk menyalakan api secara terkendali, sebatang korek api terdiri dari batang kayu yang salah satu ujungnya ditutupi suatu bahan yang mayoritas fosfor, dan akan menghasilkan nyala api ketika digesekkan terhadap suatu permukaan yang khusus.


Bangsa China sejak 577 telah mengembangkan korek api sederhana dari batang kayu yang mengandung belerang, sedangkan korek api modern pertama ditemukan pada 1805 oleh K.Chancel yang juga seorang asisten Profesor LJ Thenard di Paris.


Kepala korek api merupakan campuran potassium klorat, belerang, gula dan karet, korek api dinyalakan dengan mencelupkannya kedalam botol asbes yang berisi asam sulfat, pada saat itu korek api tergolong mahal dan penggunaannya berbahaya sehingga tidak mendapatkan popularitas.


Korek api yang dinyalakan dengan digesek, pertama kali ditemukan oleh kimiawan Inggris Jhon Walker pada tanggal 7 April 1827, penemuan itu diawali oleh Robert Boyle pada 1680 an dengan menggunakan campuran fosfor dan belerang, akan tetapi usahanya pada waktu itu belum mencapai hasil maksimal.


Walker menemukan campuran antimony (III) sulfide, potassium klorat, natural gum dan pati yang dapat dinyalakan dengan menggesekkan pada permukaan kasar…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar