WELCOME

welcome to the classic and jadul area

Senin, 23 Agustus 2010

sepeda lipat d jaman jadul

sepeda lipet..
yang saat ini lagi cukup ngetrend tuh bagi para penggemar sepeda. ternyata sepeda lipet itu udah ada sejak 1890an.

Banyak yang mematenkan desain sepeda lipat. Mulai dari Michael B. Ryan dari Amerika Serikat. Henry Gerard dari Perancis. Ia malah menciptakan Seli sebagai perlengkapan tempur untuk militer. Pabrikan Seli di Eropa mulai bermunculan seperti Dursley-Pedersen (England), Faun (England), Fongers (Holland), Peugeot (France), Bianchi (Italy), Leitner (Rusia)

Perang dunia pertama seli banyak digunakan untuk paratatroopers (penerjun payung). Contohnya merk pabrikan Inggris BSA (Birmingham Small Arms) ini. Pada perang dunia kedua, pabrikan Columbia asal AS memproduksi Compax untuk keperluan penerjun payung militer. Tapi alih-alih dilipat. Columbia memproduksi frame separated (terpisah)

Produk seli mulai booming di AS dan Inggris. Salah satu produk AS yg paling laku dan populer adalah Raleigh Twenty Stowaway. Diperkenalkan tahun 1971 dan diproduksi sampai tahun 80-an. Produk inilah yg pertama kali mempopulerkan hub bearing, tepatnya Sturmey-Archer 3-speed hub. Di era ini hampir semua negara di eropa barat mempunyai pabrikan seli. Beberapa diataranya di Perancis ada Peugeot, Italy ada Bianchi dan juga Graziella dan Formicone. Era ini juga dikenal produk seli yg murah meriah dikenal dengan u-frame.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar